PORTOFOLIO BLOK 5
SEMESTER
2
PROGRAM KELUARGA
BINAAN KESEHATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN UMSU
Tahun 2014
|
Identitas Pemilik
Nama : ISNAINI ULFA
NPM :
Kelurahan/Desa : JL.MENTENG VII GANG LANGGAR
Nama KT : dr. Heppy Jelita Sari Batubara
Nama DPL : dr. Heppy Jelita
Sari Batubara
Kelompok : 14 A
|
2. Nurul
Riani siregar
3. M
Farouq Hilmi
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada
Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karuniaNya, serta Shalawat
berangkaikan salam kita hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang
telah menjadi suri tauladan bagi kita semua. Dan Alhamdulillah saya dapat
menyelesaikan laporan portofolio blok 5 dalam kegiatan
Keluarga Binaan Kesehatan (KBK) ini.
Dan terima kasih atas kerjasamanya
kepada dosen penanggung jawab kegiatan yaitu
dr.Elman Boy M,kes. , Dosen pembimbing
lapangan yaitu dr. Heppy jelita sari Batubara serta dari pihak Keluarga Binaan
Kesehatan (KBK) yaitu keluarga ibu Fitriani.
Laporan portofolio ini, dibuat
berdasarkan kegiatan yang kami laksanakan selama menjalankan program Keluarga
Binaan Kesehatan di Jalan Menteng VII Gang Langgar.
Tujuan dari pelaksanaan KBK ini
adalah untuk mencapai learning objective dan learning issues yang tersedia.
Kami harapkan semoga porofolio ini
bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan kritik dan saran dari semua pihak yang
bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan dari portofolio ini.
Atas perhatiannya, kami sampaikan
terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dari pelaksanaan
kegiatan dan penyusunan laporan sampai selesai. Semoga Allah SWT senantiasa
meridhai segala usaha kita. Amin.
Medan
, ................. 2015
ISNAINI
ULFA
DAFTAR ISI
Kata Pengantar…………………………………………………………………… 2
Daftar isi…………………………………………………………………………. 3
Bab I Rencana Kegiatan……………………………………………………………….4
Bab II Pelaksanaan Kegiatan……………………………………………………. 5-7
Bab III Dokumentasi Kegiatan…………………………………………………… 8-14
Bab IV Refleksi Diri…………………………...……………………………….. 15-16
Bab V Catatan Aktivitas………………………………………………………….. 17
Bab VI Masukan dan Saran………………………………………………………. 18
Lampiran………………………………………………………………………… 19
BAB I : RENCANA KEGIATAN
Langkah awal yang kami lakukan utuk
menjalankan proses kbk ini adalah menemui dosen pembimbing lapangan (DPL) untuk
meminta arahan mengenai proses kbk blok 5 ini.
Pada pertemuan pertama kami berencana untuk
melakukan perbincangan mengenai pengenalan, lalu melakukan pendekatan kepada
keluarganya. Langkah ini kami ambil, untuk melakukan pendekatan diri kepada
keluarga agar terjalinnya hubungan komunikasi yang baik antara kami dengan
pihak keluarga agar mudah digali informasi mengenai keadaan lingkungan dan pola
hidup keluarga. Pada pertemuan pertama juga kami berencana untuk selain
memperkenalkan diri masing-masing lagi karena takut pihak keluarga lupa atas
nama kami satu persatu, kami menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan serta menjelaskan prosedur yang
akan kami lakukan.
Rencana kami berikutnya adalah melakukan anamnesis mengenai masalah
kesehatan, keadaan lingkungan dan pola hidup keluarga di keluarga tersebut. Rencana kami berikutnya adalah melihat
keadaan rumah dan identifikasi Pola PHBS yang sudah dijalankan pada blok
sebelumnya. Dan pada pertemuan pertama ini kami
berencana akan mengambil sejumlah dokumentasi kegiatan.
Setelah semua data dan keperluan yang direncanakan pada pertemuan
pertama sudah tercapai. Rencana kami berikutnya adalah mengadakan janji untuk
pertemuan kedua dengan keluarga. Dan jika sudah ada waktu yang tepat. Pada
pertemuan kedua kali ini, kami akan melakukan sejumlah pemeriksaan diantaranya
pemeriksaan vital sign yang meliputi: pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan
temperatur suhu badan, pemeriksaan frekuensi napas dan frekuensi denyut nadi
kepada seluruh anggota keluarga. Dan kami akan melakukan pemeriksaan berat
badan, tinggi badan dan lingkar perut kepada
setiap anggota keluarga keluarga. Lalu kami akan menghitung kalori basal dan
berat badan ideal anggota keluarga. Dan
jika bisa, kami akan melakukan pengecekan gula darah,kolesterol, dan asam urat. Dan pada pertemuan kedua ini kami berencana akan mengambil
sejumlah dokumentasi kegiatan. Dan kami
berencana akan melakukan sejumlah edukasi mengenai kebiasaan hidup keluarga.
Dan kami akan melakukan edukasi mengenai apa yang menjadi masalah pada
keluarga, jika itu masih mencapai lingkup pembelajaran kami. Dan kami juga akan
melakukan pengambilan dokumentasi di sela-sela kegiatan.
BAB II : HASIL KEGIATAN
Pada
KBK blok 5 ini, awalnya kami akan menemui DPL. Kemudian kami akan membuat janji
temu kepada keluarga. Namun sangat disayangkan pihak keluarga sangat susah
untuk dihubungi dan ditemui. Berulang kali kami mencoba hubungi untuk membuat
janji temu namun sangat sulit dihubungi. Sewaktu bisa dihubungi, susah untuk
diadakan pertemuan. Sewaktu sudah ditetapkan hari untuk kegiatan, malah pihak
keluarga yang membatalkan dan hingga kami sudah datang ke rumah keluarga untuk
melakukan kegiatan namun keluarga tidak ada dirumah, dan itu sangat
mengecewakan kami, karena sudah berulang kali terjadi.
Dan akhirnya kunjungan
pertama pun kami lakukan pada senin, 1 Juni 2015 pukul 12.00- 13.30 dirumah bu fitriani. Sebenarnya terasa sedikit berat menjalankan
kbk hari itu karena selanjutnya akan ada kuliah panel dan mengingat keluarga
jarang-jarang punya waktu yang bisa ditemui akhirnya kami bergerak menuju
lokasi dari kampus UMSU. Kami sepakat untuk berangkat bersama dari kampus
karena untuk menghindari teman lain yang terlambat. Setelah
kami sampai disana, kami langsung Alhamdulillah disambut
oleh keluarga bu fitriani dan dipersilahkan untuk masuk dan duduk. Nah, langsunglah kami mulai kegiatan yang diawali dengan
perkenalan diri masing-masing, kemudian kami menjelaskan maksud dan tujuan
kedatangan kami. Setelah itu, kami mulai dengan melakukan anamnesis, menanyakan keluhan
selama belakangan ini, dan pola hidup kebiasaan keluarga. Kemudian sekalian
kami mengidentifikasi PHBS yang sudah dilakukan pada blok sebelumnya, apakah
masih ditemukan masalah atau tidak. Barulah
setelah itu, kami lakukan pemeriksaan. Kami melakukan vital sign, lalu mengukur
tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut, perhitungan indeks massa tubuh
(IMT), berat badan ideal dan kalori basal dan kami melakukan pengecekan kadar
gula darah. Disela –sela kegiatan juga kami bercerita dengan keluarga untuk
menjalin kedekatan dan kami mengambil beberapa dokumentasi. Namun, sangat
disayangkan keluarga tidak berkumpul seluruhnya disana. Jadi, kami hanya
melakukan pemeriksaan hanya pada bu fitriani dan kedua anaknya saja.
Berikut adalah hasilnya:
Nama
|
Berat badan (kg)
|
Tinggi
badan (cm)
|
Lingkar
perut (cm)
|
Fauzan amrullah wa’u
|
10 kg
|
112
cm
|
54
cm
|
Sabrina usna putri wa’u
|
13 kg
|
102
cm
|
53
cm
|
Fitriani
|
86
kg
|
159
cm
|
108
cm
|
Nama
|
Tekanan darah
|
Fitriani
|
120/80
|
Fauzan
|
-
|
sabrina
|
-
|
Hasil perhitungan:
Ø
IMT
·
BU FITRIANI => BB= 86 kg TB= 159 kg LP=
108 cm
IMT= BB (KG)
TB 2 (M)
IMT=
86/ (1,59)2 = 86/2,5281 =
34,12 (OBESE II)
·
FAUZAN => BB= 10 kg TB= 112 cm LP= 54 cm
IMT= BB (KG)
TB 2 (M)
IMT = 10/ (1,12)2 = 10/ 1,2544 = 7,97 (UNDERWEIGHT)
·
SABRINA => BB= 13 kg TB= 102 cm LP= 53
cm
IMT= BB (KG)
TB 2
(M)
IMT = 13/ (1,02)2
= 13/ 1,0404 = 12,49 (UNDERWEIGHT)
Ø
BBI, KALORI BASAL
·
BU FITRIANI
BBI= 90 % (TB-100) X 1 kg
= 0,9 (159-100) X 1 kg = 53,1 kg
KB= BBI X 25 kkal
= 53,1 X 25 = 1.327,5 kkal
+20 % (bekerja rumah tangga)
= 1327,5 kkal + 20% (1237,5)
= 1327,5+265,5
= 1.593 kkal
-20% (obese)
= 1593 – 20% (1237,5)
= 1593 – 265,5
= 1.237,5 kkal
Selanjutnya, kami melakukan edukasi kepada
keluarga. Diantaranya melakukan edukasi tentang pola makan sehari-hari dan
olahraga. Kebersihan lingkungan dan untuk anak-anak kami mengedukasi untuk
tidak jajan sembarangan dan lebih sering memakan buah dan sayuran. Nah, untuk
identifikasi PHBS, masalah yang kami temukan pada blok lalu kan terletak pada
indicator no 2,8,9,10. Yaitu pemberian ASI eksklusif, mengkonsumsi buah dan
sayur, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok didalam rumah.
Dan dari hasil pengamatan untuk konsumsi buah dan sayur sudah meningkat, yang
awalnya anak-anak ibu fitriani tidak suka konsumsi buah dan sayur menjadi lebih
suka konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk aktivitas fisik setiap hari,
belum ada peningkatan yang berarti namun Alhamdulillah sedikit sudah ada
peningkatan karena bu fitriani sudah mulai bekerja. Dan untuk masalah keluarga
yang sulit ditemui, kami tanyakan pada keluarga karena bu fitriani sedang
sibuk-sibuknya melamar kerja jadi dia sedang sibuk-sibuknya untuk interview
kerja, sehingga susah ditemui.
BAB IV : REFLEKSI
DIRI
1.
Pendekatan
terhadap teman satu kelompok
Karena kami
memang sudah sama-sama kenal di FK UMSU, maka tidak ada kesulitan lagi untuk
melakukan pendekatan terhadap teman kelompok. Jadi kami dengan mudah untuk
berkomunikasi dengan teman-teman,
dan dapat dengan mudah pula untuk berdiskusi dan bermusyawarah.
2. Pendekatan terhadap DPL
Saya berusaha melakukan pendekatan dengan dosen pembimbing lapangan
dengan menjalin komunikasi dengan tutur bahasa yang sopan dan penuh rasa
hormat. Karena dosen pembimbing lapangan sudah sering ditemui di tutorial, dan
kkd. Jadi, bukan hal sulit lagi untuk dilakukan pendekatan.
3. Pendekatan terhadap Keluarga binaan
Didalam keluarga binaan saya selalu berusaha bersikap sopan dan santun
baik disaat berbicara maupun dalam bertindak. Saya dapat melakukan komunikasi
yang efektif yang dapat membuat keluarga merespon dengan baik apa yang
disampaikan. Masalah yang dihadapi adalah keluarga sangat sulit untuk dihubungi
dan ditemui.
4. Kedisiplinan selama mengikuti kegiatan
Selama mengikuti kegiatan Alhamdulillah kami menunjukkan antusias yang
cukup untuk mengikuti kegiatan sehingga kami datang tepat waktu.
5. Kesiapan mengikuti kegiatan
Selama kegiatan saya dan teman satu kelompok saya bersedia sunguh untuk
melakukan kegiatan. Namun, masalah yang dihadapi adalah karena keluarga yang
susah untuk ditemui sering kali kami sudah bersiap diri untuk melakukan
kegiatan dengan membawa sejumlah alat pemeriksaan namun keluarga tidak berada
dirumah.
6. Penampilan dan sikap selama mengikuti kegiatan
Selama mengikuti kegiatan saya selalu memakai jas dan berpakaian rapi. Dan selalu berusaha untuk bersikap sopan santun dan menunjukkan
rasa hormat.
7. Komunikasi yang dilakukan
Selama kegiatan, komunikasi yang dilakukan efektif, antara kami dan
pihak keluarga saling merespon dengan baik selama proses kegiatan. Kepada teman dan DPL kami juga sudah berkomunikasi dengan efektif.
8. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini
Saya
bersungguh-sungguh melakukan kegiatan ini, karena kegiatan ini adalah salah
satu kegiatan mulia, dimana kita bisa berbagi pengetahuan dan saling membantu
sesama dalam hal kesehatan dan sangat memberi pengaruh yang besar jika kelak
saya menjadi seorang dokter.
BAB V : Catatan
aktivitas
Hari
|
Tanggal
|
UraianAktifitas
|
Senin
|
1 Juni 2015
|
Ø Meminta izin untuk masuk
Ø Memperkenalkan diri
Ø Memberitahu maksud dan tujuan kedatangan
Ø Melakukan anamnesis
Ø Mengidentifikasi masalah PHBS
Ø Melakukan pemeriksaan (BB,TB,LP)
Ø Melakukan pemeriksaan tekanan darah
Ø Melakukan pemeriksaan kadar gula darah
Ø Memberikan edukasi
Ø Mengisi rubrik penialaian
Ø Mendokumentasikan kegiatan
|
BAB
VI: Masukan dan Saran
1. Hal
yang sudah baik
Arahan dan
petunjuk yang ditujukan untuk mahasiswa dan mahasiswi dalam melaksanakan KBK
ini sudah cukup baik.
2. Hal
yang masih perlu ditingkatkan lagi
Lebih
memperhatikan mahasiswa dan mahasiswinya
dalam menjalankan KBK ini, sosalisasi dan pendekatan dengan keluarga lebih
ditingkatkan lagi agar keluarga paham benar maksud dan tujuan KBK ini dan lebih
memantau ketersediann keluarga untuk mengikuti kegiatan agar tidak ditemukan
lagi oleh mahasiswa keluarga yang sulit untuk dihubungi, ditemui dan diajak
untuk melakukan kegiatan.
3. Ulasan
perbaikan
Sebaiknya waktu
yang diberikan lebih banyak lagi, karena tidak
semua keluarga selalu bisa untuk dijumpai sesuai dengan target yang
sudah ditentukan tiap blok. dan sebaiknya DPL juga melakukan pendekatan dengan
keluarga binaan agar sama-sama paham benar masalah kesehatan yang ada pada
keluarga tersebut, karena masalah di tiap-tiap keluarga kan berbeda-beda.
EVALUASI
EKSTERNAL TEMAN SATU KELOMPOK
Nama: NPM :
No
|
HAL
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan pendekatan kepada
pihak terkait
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikap dan tingkahlaku
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kedisiplinan(datang )
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kesiapan
mengikuti kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan penampilan
rapi dan sikap sopan kepada
keluarga binaan (dibuktikan dalam foto kegiatan)
|
|
|
|
|
|
|
Mampu melakukan komunikasi yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh dalam
mengikuti
Semua kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
Keterangan
:
0
|
: tidak melakukan
|
Jumlah
Nilai
|
|
1
|
: melakukan
kurang dari 40 %
|
NILAI :
-----------------X
100
|
= ................
|
2
|
: melakukan
40-60 %
|
24
|
|
3
|
: melakukan
60-80 %
|
|
|
4
|
: melakukan
80-100 %
|
|
|
Medan,27 Januari 2015
Penilai
Nama:
EVALUASI
EKSTERNAL TEMAN SATU KELOMPOK
Nama: NPM :
No
|
HAL
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan pendekatan kepada
pihak terkait
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikap dan tingkahlaku
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kedisiplinan(datang tepat waktu)
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kesiapan
mengikuti kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan penampilan
rapi dan sikap sopan kepada
keluarga binaan (dibuktikan dalam foto kegiatan)
|
|
|
|
|
|
|
Mampu melakukan komunikasi yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
Semua kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
Keterangan
:
0
|
: tidak melakukan
|
Jumlah
Nilai
|
|
1
|
: melakukan
kurangdari40 %
|
NILAI :
-----------------X
100
|
= ................
|
2
|
: melakukan
40-60 %
|
24
|
|
3
|
: melakukan
60-80 %
|
|
|
4
|
: melakukan
80-100 %
|
|
|
Medan,27 Januari 2015
Penilai
Nama:
EVALUASI
EKSTERNAL TEMAN SATU KELOMPOK
Nama: NPM :
No
|
HAL
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan pendekatan kepada
pihak terkait
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikap dan tingkahlaku
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kedisiplinan(datangtepatwaktu)
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kesiapan
mengikuti kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan penampilan
rapi dan sikap sopan kepada
keluarga binaan (dibuktikan dalam foto kegiatan)
|
|
|
|
|
|
|
Mampu melakukan komunikasi yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh dalam
mengikuti
Semua kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
Keterangan
:
0
|
: tidak melakukan
|
Jumlah
Nilai
|
|
1
|
: melakukan
kurangdari40 %
|
NILAI :
-----------------X
100
|
= ................
|
2
|
: melakukan
40-60 %
|
24
|
|
3
|
: melakukan
60-80 %
|
|
|
4
|
: melakukan
80-100 %
|
|
|
Medan,27 Januari 2015
Penilai
Nama:
EVALUASI EKSTERNAL (KELUARGA BINAAN)
Nama :
Alamat :
No
|
HAL
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan pendekatan kepada pihak terkait
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sikapdantingkahlaku
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kedisplinan(datangtepatwaktu)
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan kesiapan
mengikuti kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan penampilan
rapi dan sikap sopan kepada
keluarga binaan (dibuktikan dalam foto kegiatan)
|
|
|
|
|
|
|
Mampu melakukan
komunikasi yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh
dalam mengikuti
Semua kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
Keterangan :
0
|
: tidak melakukan
|
Jumlah Nilai
|
|
1
|
: melakukan kurang dari 40 %
|
NILAI
: -----------------X
100
|
= ................
|
2
|
: melakukan 40-60
%
|
24
|
|
3
|
: melakukan 60-80
%
|
|
|
4
|
: melakukan 80-100
%
|
|
|
Medan, 27 Januari
2015
Penilai
Nama:
Check List SurveiPHBSDi TatananRumahTangga
No.
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
Perilaku
|
|||
1
|
Pertolongan persalinan oleh tenaga
kesehatan
|
ü
|
|
|
2
|
Bayi diberi ASI
ekslusif
|
|
ü
|
|
3
|
Penimbangan
balita/bayi
|
ü
|
|
|
4
|
Ketersediaan air
bersih
|
ü
|
|
|
5
|
Cuci tangan pakai sabun
|
ü
|
|
|
6
|
Ketersediaan jamban sehat
|
ü
|
|
|
7
|
Memberantas jentik nyamuk
|
ü
|
|
|
8
|
Mengkonsumsi buah dan sayur
|
|
ü
|
|
9
|
Melakukan aktifitas fisik setiap hari
|
|
ü
|
|
10
|
Tidak merokok di dalam rumah
|
|
ü
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar