Rabu, 29 Juli 2015

Implementasi Konsepsi Wawasan Nusantara



BAB III

PEMBAHASAN

            Bangsa indonesia pada dasarnya memiliki cara pandang dan visi nasional bangsa indonesia. Wawasan nusantara dijadikan sebagai arahan, acuan, dan pedoman bagi setiap individu dan pemerintahan indonesia terutama dalam pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang dalam menjaga NKRI. Pasal 25A UUD 1945 menyatakan negara kesatuan republik indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. Dari pasal tersebut bangsa indonesia mengembangkan paham geopolitik nasionalnya yang disebut wawasan nusantara.Kebijakan dalam rangka mencapai tujuan dengan memanfaatkan keuntungan letak geografis negara berdasarkan pengetahuan ilmiah tentang kondisi teoritis menjadi dasar pada geopolitik bagi indonesia. Selanjutnya, wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia dikembangkan sesuai dengan pancasila.

Secara ringkas, implementasi Wawasan Nusantara adalah bagaimana setiap gerak pembangunan di Indonesia harus selalu berorientasi pada kepentingan rakyat dan pada upaya integrasi wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh yang pelaksanaannya dapat dilakukan dalam setiap bidang. Implementasi tentang konsepsi wawasan nusantara di negara indonesia dituangkan dalam ketetapan MPR mengenai GBHN. Dalam ketetapan tersebut dinyatakan bahwa wawasan dalam penyelenggaraan pembangunan nasional dalam mencapai tujuan pembangunan nasional adalah wawasan nusantara. Pada dasarnya, hakekat wawasan nusantara merupakan kesatuan bangsa dan keutuhan wilayah indonesia. Budaya Indonesia pada hakekatnya adalah satu kesatuan dengan corak ragam budaya yang menggambarkan kekayaan budaya bangsa indonesia. Semua warga negara indonesia dituntut untuk turut serta dalam penerapan wawasan nusantara itu sendiri tanpa memandang profesi, jabatan dan status sosial warga tersebut. Dan sebagai seorang dokter yang berkewarganegaraan Indonesia, ia tetap tidak boleh melupakan pandangan hidup yang berwawasan nusantara dan tetap mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam konsep penerapan wawasan nusantara, yang sangat ditekankan adalah bhinneka tunggal ika yang sangat menjunjung kesetaran suku, agama dan ras. Meskipun Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau.

Cara pandang indonesia tersebut dalam mencakup kehidupan nasional adalah:
·      Wawansan nusantara sebagai pancaran pancasila
Pancasila dijadikan sebagai dasar pedoman bagi seluruh bangsa indonesia. Sebagai dokter yang berkewarganegaraan indonesia haruslah menimplementasi setiap sila terhadap kehidupannya sehari-hari.
ü  Sila pertama = ketuhanan yang maha esa
Sila pertama menjelaskan bahwa setiap orang yang berkewarganegaraan Indonesia wajib untuk memeluk suatu agama yang telah diyakininya dan telah diakui oleh pemerintahan indonesia dan tidak terkecuali dilakukan oleh seorang dokter. Seorang dokter yang memeluk suatu agama, pasti akan memberikan sebuah kedamaian kepada lingkungan sekitarnya, pasien, teman dan keluarganya. Karena, tidak akan ada sebuah agama yang mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan suatu kerusakan kepada orang lain. Dengan memegang teguh hal ini, maka seorang dokter diharapkan dapat menciptakan sebuah kedamaian antar sesama yang akan menimbulkan semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia.
ü  Sila kedua = kemanusiaan yang adil dan beradap
Jika kita kaitkan dalam kehidupan seorang dokter yang berkewarganegaraan indonesia, seorang dokter dalam pengimplementasian ilmunya diharapkan tetap berlaku seadil mungkin kepada pasien, dan teman sejawat. Dalam berhubungan dengan pasien pun, diharapkan seorang dokter tetap memegang teguh pandangan hidup tersebut. Indonesia dengan luas geografis sangat besar menimbulkan berbagai macam suku, keragaman budaya dan bahasa. Sebagai seorang dokter, dalam menangani seorang pasien pun tidak boleh memilah-milah pasien manakah yang akan di tangani berdasarkan suku, bahkan warna kulit sekalipun. Tidak melakukan diskriminasi terhadap pasien, memberikan pelayanan terbaiknya sebagai seorang dokter, dan menjalin hubungan baik sebagai seorang dokter dan pasien adalah salah satu pengimplementasian wawasan nusantara. Contoh mendiskriminasikan pasien adalah, dengan cara mendahulukan pasien yang berasal dari suku yang sama dengan dokter tersebut, memberikan pelayanan berbeda, dan tidak menghiraukan pasien. Selain tidak mendiskriminasikan seorang pasien, seorang dokterpun diharapkan dapat memberikan hak-hak pasien seperti memberitahukan kepada pasien tentang penyakit yang sedang di derita oleh pasien, memberitahukan kegunaan obat yang akan diberikan oleh dokter kepada pasien tanpa memandang pasien tersebut berasal dari wilayah manapun.
Tidak membeda-bedakan teman sejawat sendiri berdasar suku, tidak memilah-milah dokter mana saja yang akan diajak untuk berdiskusi, dan mau bertukar pikiran atau membantu dokter lainnya tanpa memandang suku, agama dan ras mereka. Sering melakukan diskusi-diskusi dengan dokter yang sedang bertugas di wilayah manapun, karena dengan cara seperti itu, seorang dokter dapat mengetahui penyakit-penyakit yang sedang terjangkit di wilayah tertentu sehingga, selain mendapatkan pengetahuan baru, seorang dokter juga dapat membantu suatu memajukan suatu wilayah dalam bidang kedokteran.
ü  Sila ketiga = persatuan indonesia
Persatuan indonesia dapat diimplementasikan seorang dokter dengan cara mau ditempat tugaskan di daerah manapun, seorang dokter juga tidak diperbolehkan untuk memilah-milah wilayah yang akan di pakai untuk bekerja. Seperti, seorang dokter yang tinggal di Jawa menolak untuk di tempatkan di daerah luar Jawa. Hal ini, tidak dibenarkan dan bertentangan dengan pandangan hidup yang berwawasan nusantara karena di tempatkan dimanapun, selama itu untuk kepentingan bangsa, maka dokter tersebut harus bersedia menerima apapun dengan mengorbankan kepentingan sendiri demi kepentingan bangsa. Selain itu, seorang dokter diharapkan mampu bekerja sama dengan dokter-dokter lainnya, baik dokter yang berasal dari Jawa, Sumatera, atau Maluku. dengan menjalin hubungan baik antara dokter-dokter di seluruh Indonesia, maka rasa persatuan dan kesatuan antara dokter-dokter di Indonesia akan terjalin sangat erat. Dengan terjalinnya rasa peratuan dan kesatuan tersebut, maka diharapkan dokter-dokter tersebut dapat memajukan kesehatan di Indonesia secara merata, tidak hanya di pulau Jawa saja, tetapi juga di pulau-pulau terpencil lainnya. Hal ini telah terimplementasi dengan baik, dengan adanya suatu wadah organisasi yang menaungi semua dokter-dokter yang ada di Indonesia. Organisasi tersebut menyatukan dokter-dokter dari segala wilayah, tanpa memandang suku dari masing-masing dokter tersebut, yaitu IDI (Ikatan Dokter Indonesia)
ü  Sila keempat = kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Dalam penerapannya, seorang dokter harus memberikan hak-hak pasien dan melakukan musyawarah dengan pasien. Seorang dokter dapat melibatkan pasien dalam musyawarah dengan jalan pasien diajak terlibat dalam memutuskan obat apakah yang akan diberikan oleh dokter. Dokter dapat memberikan pilihan kepada pasien obat apakah yang akan digunakan oleh pasien, apakah obat generik ataupun bukan obat generik. Hal tersebut dapat di musyawarahkan dengan pasien karena dengan jalan seperti itu, pasien dapat menentukan obat manakah yang dapat digunakan sesuai dengan kondisinya. Seorang dokter juga harus menjelaskan kepada pasien perihal obat apa sajakah yang akan digunakan dan menjelaskan kegunaan dari obat-obat tersebut karena hal tersebut adalah hak dari pasien dan dengan jalan seperti itu, pasien, dapat merasa dilibatkan dalam pemeriksaan seorang dokter. Seorang dokter juga harus menjelaskan tindakan medis apa yang akan dilakukannya terhadap pasien dan meminta persetujuannya (informed consent) dan menjelaskan apa dampaknya bagi seorang pasien.
ü  Sila kelima = keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
       Sila kelima ini dapat diimplementasikan dengan cara menjalin hubungan baik antara seorang dokter dengan pasien maupun dengan teman sejawat. Tidak membeda-bedakan pasien, memerlakukan pasien dengan sebaik-baiknya, memberikan hak-hak kepada pasien, dan sebagai seorang dokter harus melaksanakan kewajibannya dengan jalan melayani pasien sebaik-baiknya tanpa memandang asal dari pasien tersebut. Keadilan sosial dalam konteks ini, dapat juga di implementasikan dalam memberikan pelayanan kepada pasien secara merata (dalam hal pelayanan), diberikan standard pelayanan medis oleh IDI, antara di pulau Jawa dan pulau-pulau terpencil lainnya, diharapkan agar memiliki kompetensi yang sama.




·      Wawasan nusantara dalam pembangunan nasional
ü  Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik
Pelaksanaannya bagi seorang dokter adalah sebagai seorang dokter, dapat membantu pasien yang tidak mampu dengan menyarankan membuat surat keterangan tidak mampu kepada perangkat desa, sehingga biaya yang seharusnya semua ditanggung oleh pasien dapat lebih ringan karena sebagian biaya telah ditanggung oleh pemerintah melalui program-program yang telah dibuat oleh pemerintah. Memberikan pilihan kepada pasien apakah pasien tersebut akan mengonsumsi obat generik atau tidak, karena pada dasarnya kedua obat tersebut tidak memunyai perbedaan. Hanya saja, obat generik harganya lebih terjangkau dibanding obat non-generik.
ü  Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya
        Dalam pengimplementasiannya adalah, seorang dokter dapat menghargai pasiennya ataupun teman sejawat yang memunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda. Dengan menjalin hubungan baik dengan pasien ataupun teman sejawat yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, maka seorang dokter tersebut dapat mengetahui karakteristik seorang pasien atau teman sejawat lainnya hanya dengan berdasarkan wilayah seseorang berasal dan mengakui segala bentuk perbedaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Tuhan. Karena dengan menciptakan lingkungan yang tidak membeda-bedakan, diskriminasi akan menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membedakan suku, asal usul daerah, agama, atau kepercayaan,serta golongan berdasarkan status sosialnya.
Selain menjalin hubungan baik dengan pasien, seorang dokter juga bisa melakukan sosialisasi kesehatan, seminar kesehatan, atau bahkan kampanye kesehatan demi terwujudnya bangsa Indonesia yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkannya, diperlukan pengetahuan dengan latar budaya dan sosial dari masyarakat, karena dengan mengetahui latar belakang mereka diharapkan seorang dokter akan lebih mudah untuk menyampaikan materi dan merekapun lebih menerima karena tidak meninggalkan unsur-unsur budaya mereka sendiri. Hal ini, dapat dilakukan dengan merata, tidak hanya digalakkan di wilayah Jawa saja, tapi juga di pulau-pulau terpencil lainnya.
ü  Persatuan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan
Contoh pelaksanaannya dalam kehidupan kedokteran adalah seorang dokter ikut dalam penyelenggaraan bela negara. Bela negara tidak selalu di identikkan dengan angkat senjata dalam melawan orang-orang yang ingin mengambil wilayah Indonesia. Menumbuhkan sikap cinta tanah air, dengan jalan apabila ada seorang pasien yang ingin berobat ke luar negeri sedangkan di Indonesia sendiri hal tersebut masih dapat ditangani sebaiknya seorang dokter tersebut menyarankan pasien untuk berobat di Indonesia saja, meskipun keputusan akhir kembali kepada diri pasien.

Sumber:
 https://elyoka.wordpress.com/2009/01/07/implementasi-wawasan-nusantara-di-bidang-kedokteran/
dan blog lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar